Topik Seminar

Implementasi “Go Green” dalam Pengelolaan Lingkungan Tropika

1. Manajemen Sumber Daya Berkelanjutan 
Lingkungan tropis kaya dengan sumber daya alam baik berupa air, lahan subur, dan flora-fauna. Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup manusia, sumber daya alam harus dikelola agar memberikan manfaat sebesar-besarnya.

2. Teknologi Pengendalian Pencemaran Lingkungan
Teknologi pengendalian pencemaran air permukaan air tanah, udara , dan tanah merupakan salah satu solusi dalam melestarikan lingkungan. Disamping itu, teknologi dengan berbagai turunannya dan perkembangannya menghasilkan kinerja yang semakin baik. Bioteknologi diterapkan dalam teknologi pengendalian pencemaran air, gas, maupun padatan (sampah). Topik penelitian dalam bidang ini sangat dibutuhkan dalam membangun negeri dengan kompleksitas kegiatan industri, perdagangan , dan domestik.

3. Penyehatan Lingkungan dan Sanitasi
Sanitasi gedung dan tempat umum
Sanitasi kawasan
Pengelolaan limbah permukiman
Kesehatan lingkungan
Sistem pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja. 
Toxicologi Lingkungan


4. Infrastruktur dan Bangunan Ramah Lingkungan
Pengelolaan infrastruktur perkotaan terpadu
Green building atau Eco-building
Eco-park dan eco-industrial park
Low Impact Development dan Eco-hydraulic dalam pengelolaan air hujan
Integrated waste management system - water system
Infrastruktur pasca bencana alam.

5. Industri, Pembangunan, dan Lingkungan
Clean Development Mechanism (CDM)
Produksi bersih
Audit lingkungan
ISO 14001
Analisa dan penilaian dampak kegiatan pada lingkungan.

6. Lingkungan dan Sistem Sosial
Pemberdayaan masyarakat dan kemitraan dalam pengelolaan lingkungan
Pembangunan berbasis ekosistem dan masyarakat
Ekonomi dan lingkungan
Politik dan kebijakan lingkungan
Pemberdayaan masyarakat dalam sanitasi, dan penyediaan air bersih.

7. Komputasi, Perangkat Lunak dan Pemodelan Lingkungan
Komputasi dan pengembangan perangkat lunak lingkungan baik untuk perkiraan penyebaran pencemar atau pengelolaan lingkungan. 
Pemodelan fisik lingkungan (kualitas air, kualitas udara, dan penyebaran pencemar) Model dinamika sistem sosial.

8. Pengelolaan Lahan Basah (Lowland Management)
Wilayah gambut ataupun daerah dibawah pengaruh pasang surut mempunyai kondisi spesifik yang memberi konsekuensi pada pemanfaatannya. Karakteristik kima-fisika tanah, Kualitas air tanah dan ketinggian air tanah membutuhkan pengelolaan tertentu 

9. Pemukiman Tradisional dan Kearifan Lokal
Pemukiman traditional mempertahankan kearifan lokal dalam bentuk rumah, pelestarian sumber alam dan berbagai tata kehidupan. Dengan demikian, topik bukan hanya bekaitan dengan rumah, tetapi juga dengan usaha ataupun kearifan dalam mempertahankan sumberdaya alam, cara hidup termasuk pertanian.

10. Pengembangan Lingkungan Perkotaan
Perkotaan sebagai lingkungan binaan untuk menfasiulitasi ruang dan kegiatan yang terpusat. Berbagai masalah lingkungan dapat diangkat dalam seminar ini

11. Pengembangan Kawasan Industri
Kawasan industri dibangun untuk kemajuan perekonomian. Akan tetapi kegiatan ini memberi pengaruh terhadap lingkungan sosial maupun phisik. Masalah ini sangat penting untuk dikaji dan diketahui banyak penelitia lainnya

12. Aspek Lingkungan Alih Fungsi Lahan
Alih fungsi lahan dilakukan untuk berbagai kepentingan manusia. Akan tetapi hal ini memberi banyak pengaruh pada ekosistem. Akibat positif maupun negatif dari perubahan penggunaan lahan sangat penting untuk diketahui peneliti dari berbagai disiplin ilmu.

13. Pengembangan Pantai dan Reklamasi
Pengembangan wilayah pantai sangat penting mengingat kegiatan manusia banyak dilakukan. Disamping itu reklamasi pantai dilakukan untuk memfasilitasi kegiatan beragam tersebut. Bukan saja beberapa mangrove akan menghilang tetapi berbagai masalah sosial ekonomi juga akan muncul.

14. Lingkungan dan Sumberdaya Alam Pulau Kecil
Indonesia adalah negara dengan hampir 17 000 pulau kecil. Konon 600 pulau berpenghuni. Adakah sumbangan peneliti dalam meningkatkan harkat hidup mereka, baik dari segi sosial, ekonomi, sanitasi, dan kelestarian sumber daya alam.

15. Pariwisata Alam dan Budaya
Pariwisana merupakan andalan pemasukan devisa. Akan tetapi kegiatan pariwisata juga memberi dampak negatif terhadap budaya lokal, caara berpikir, dan bebrbagai kerusakan lingkungan. Penelitian pariwisata dalam kaitannya dengan amnusia dan lingkungan merupakan topik menarik untuk diketahui oleh semua lapisan masyarakat terutama para pengambil keputusan.

16. Lingkungan Pertanian dan Peternakan Berkelanjutan 
Pertanian tidak luput dari efek samping adanya pengkayaan perairan maupun hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Demikian pula kegiatan peternakan selain mempunyai dampak positif tetapi sorotan akan buangan yang dihasilkan perlu diteliti. Optimasi kegiatan pertanian dan peternakan diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimum dan meminimumkan kerugian lingkungan.

17. Strategi dan Kebijakan Lingkungan
Strategi dan kebijakan dalam pembangunan dan pencegahan kerusakan lingkungan memegang peran penting dalam menjaga keberlanjutan sumberdaya alam. Penelitian tentang strategi dan kebijakan lingkungan memegang peran penting dalam memaksimumkan keluaran maupun menghindari kesalahan dalam mempertahankan kelestarian lingkungan.

18. Pengembangan Kawasan Pertanian dan Perdesaan
Perdesaan merupakan modal dasar untuk merealisasikan go green pada tataran kawasan. Dengan kegiatan utama pertanian yang menghasilkan produk pangan dan non pangan berbasis hayati, industrialisasi pertanian tidak dapat dihindarkan. Untuk itu model dan bentuk pengembangan kawasan pertanian dan perdesaan perlu dikaji secara ilmiah sehingga wilayah perdesaan menjadi sebuah kawasan pemukiman, pertanian dan industri agro yang ramah lingkungan.

19. Ekonomi Lingkungan
Segala aktifitas manusia tentu tidak pernah luput dari penggunaan sumberdaya alam. Perhitungan maupun penerapan dari sisi ekonomi memegang peran penting dalam mengambil kebijakan pembangunan. Penelitian lingkungan dengan mengambil sudut ekonomi merupakan informasi penting dalam mengambil keputusan.

20. Hukum Lingkungan
Aspek hukum dalam melestarikan lingkungan merupakan faktor kunci keberhasilan. Lebih luas dari itu, analisa sosiologis terhadap kepatuhan suatu kelompok manusia terhadap hukum positif dapat memperluas wawasan dalam mengendalikan pencemaran dan menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian dari segi hukum sangat diperlukan dalam memajukan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh






Comments