23days until
Seminar PMLI X, 2014

Seminar Proceeding

Annual Seminar Proceeding

Tata Tertib Seminar

TATA TERTIB SEMINAR

 

1. Presentasi dilakukan sesuai dengan jadwal acara. Bila terjadi kesalahan atau karena suatu alasan kuat ingin merubah jadwal, mohon menghubungi seksi acara persidangan di meja pendaftaran.

2. Pemakalah sangat tidak dianjurkan mempergunakan komputer pribadi pada saat presentasi. Untuk itu pakailah komputer yang telah disediakan panitia. File presentasi ditulis dalam Microsoft POWER POINT. Pemakalah cukup membawa USB dan meminta kepada petugas di ruangan masing-masing untuk meng-copy file presentasi kedalam komputer kelas masing-masing.

3. Peserta seminar dipersilakan memilih ruang kelas sesuai dengan keinginan masing-masing, kecuali yang akan berpresentasi harus berada dalam ruangan sesuai jadwal.

4. Presentasi dilakukan selama 10 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab selama 3 menit.

5. Pertanyaan sebaiknya bersifat “mencari keterangan” bukan “memberi soal”.

6. Pada dasarnya keberlangsungan presentasi adalah tanggung jawab bersama peserta seminar dalam kelas tersebut. Oleh karenanya, moderator bisa dilakukan oleh pemakalah seminar secara bergantian, diawali oleh pemakalah yang akan berpresentasi terakhir.

7. Tidak boleh merokok dan berbicara dalam ruangan.

8. Tidak berkomunikasi melalui telepon genggam (HP) maupun menulis SMS dalam ruangan dan tidak keluar-masuk ruang pada saat ada presentasi.

9. Tidak melakukan persiapan presentasi dengan mempergunakan komputer pribadi dalam kelas, karena hal ini mengurangi rasa hormat terhadap presenter saat itu.

10. Mengikuti presentasi dari awal hingga akhir agar pemakalah terakhir tidak kecewa karena tidak ada pendengar. Seminar adalah saling mendengan dan bertukar pikiran.

11. Sertifikat diberikan pada akhir seminar dan tidak dilakukan surat menyurat. Untuk itu peserta seminar sangat diharapkan mengikuti seluruh presentasi.

12. Setelah presentasi, presenter harus mengisi formulir BERITA ACARA PRESENTASI yang ditandatangani oleh presenter dan moderator.

13. Setelah mempresentasikan makalahnya, wajib untuk bertindak sebagai moderator presentasi berikutnya.


            Tata tertib dapat diunduh di lampiran dibawah ini.


Č
Ċ
Lingkungan Tropis,
Jul 21, 2011, 7:06 AM
Comments